Untukmu Yang Telah Kembali

Standard

Untukmu Yang Telah Kembali


Kamis 16 Desember 2010

Tiba-tiba terdengar bunyi Hp ku yang sedang di ces di kamar, sebuah pesan masuk kubaca dengan sesama, pesan itu berbunyi “tmn kt Gita, muin 07 sedang di karyadi, sakit leukimia”, sejenak membaca sms itu ingatanku mundur ke masa-masa belajar di jogja, ingatanku menscan wajah2 orang yang pernah kutemui.  Yah, ketemu, ingatanku menemukan sosok bertubuh kurus berambut agak ikal, murah senyum, baik dan suka bergaul..Yuniar Gita.

Setelah mengingatnya lantas aku kirim balasan sms “iya kenal, tp maap, hari ini tidak bisa dan untuk 2 hari kedepan juga tidak bisa, mungkin hari Ahad ak kn jenguk dia, tq” .  Begitulah awal mula ku mengetahui keberadaan sudaraku yang sedang sakit leukimia di RS Sardjito Semarang. Akan tetapi saat itu aku tidak sempat menjenguknya karena tanggal 17-18 ada acara di Jogja, maka ak rencanakan akan menjenguk tanggal 19 hari Ahad, itupun setelah agendaku mengikuti Musyda PDPM Kota Semarang.

Ahad 19 Desember 2010

Hari itu cukup letih, rangkaian kegiatan perjalanan ke Jogja yang sangat menantang (hujan, dan begadang semalam), lalu mengikuti Musyda PDPM yang cukup memprihatinkan. Pukul 17.15 sampai di Rumah Arqam (kos), kubuka Hp ada lampu merah berkedip, tanda sms masuk. Kubuka, dan isinya “ mz, ni ak dah di karyadi, sma adinda, mba atik dan tmnq Rachma”. Hah, astagfirullah , dalam hatiku berkata “ aku lupa”, iya rencanya ak menjenguk tmn di Karyadi Ahad sore. Padahal tempat pelaksanaan Musyda dengan RS Karyadi hanya 7 menit, namun aku terlanjur pulang ke kos yang berjarak ±15 menit. Lalu kubalas sms itu “astagfrullah, aku lupa, ni dah di  kos, hbis Musda PDPM,  gmn y? jam bzuk smpe jam brp?”. Aku mencari  waktu  yang pas untuk bezuk, ak terus sms-an dg tmn ku yang sudah berada di RS Karyadi, kubaca dari smsnya nampak serius, sampe2 dia mengharuskan aku untuk menjenguk dan memberikan semangat pada  Gita. Dia menggambarkan bahwa kondisinya sangat lemah, matanya mengitam, nafasnya lemah, di tangannya banyak bekas suntikan, dll.

Aku sudah menghubungi tmnku untuk ku ajak menjenguk di Karyadi, tapi temen2 ku malam itu tidak bisa, melihat cuaca pun nampaknya kurang mendukung, maka ku sms Adinda, “ Din , bsok siang bs ke Karyadi lagi nggak?”, lalu di blas ‘”iya insyaAllah”. Deal, aku putuskan untuk menjenguk Gita siang hari(rencana aka ajak tmn2 muin 06).  Lalu , malam itu aku berdoa pada Allah, “Ya Allah, sembuhkanlah hambaMu itu, berikanlah dia kebaikanMu, ,sabarkanlah keluarganya, namun jika kau punya ketetapan yang baik, maka berikanlah yang terbaik untuknya..Ya Syifa, engkaulah Sang Maha Pemberi kebaikan. Astagfirullahal’adzhim”..kucoba untuk berdzikir dan menyampaikan doa ini pada Nya.

00.23, 20 Desember 2010

Aku terbangun karena bunyi Hp, ada pesan masuk, kubaca: “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,,telah meninggal dunia, Yuniar Gita, tadi malam jam 20.00 di RS Karyadi Semarang…..”. Astagfirullahal’adzhim….aku terdiam, dan mencoba untuk mencerna ini smua.  Tmnku yang tadi sore menjenguk mengirim sms “ merinding mz, pdhal td sore baru ak jenguk di ruang isolasi”..Aku balas “Kita tidak akan pernah tahu perihal kematian, termasuk apa yg akan terjadi pada kita, tp org sering ‘kemaki’ dg apa yg dia miliki, menganggap enteng agama, serta menjadikan agama hanya sebagai kedok.  Klo sudah maut menjemput mau apa?, tidak berdaya tanpa Allah.”….

Begitulah, singkat cerita dan aku cukup menyesal karena lupa tidak menjenguk pada sore harinya dan tidak bisa menjenguk pada malam hari kematiannya.

“Isa, bukankah hidup mu itu untuk matimu, mengapa kau biarkan perbuatanmu menjadi sia-sia, dusta, munafik, dan berlaku dosa, mengapa engkau tidak takut, padahal kau berdiri di bibir sumur, sedang di bawahmu ada buaya yang sedang lapar, engkau malah asyik menjilat sedikit madu di tali sumur itu. Yakinlah kematian itu sangat dekat. Dan semua pasti kembali padaNya……bersiaplah dengan amal dan keikhlasanmu.”

Leave a Reply

