Berpikir, Berbuat, Berdoa

Standard


Hidup yang hanya sebentar ini tidak akan berarti jika engkau enggan melakukan atau tidak pernah melakukan sesuatu yang berarti bagi orang yang ada diskitarmu. Disamping  itu engkau tidak boleh lupa bahwa keberadaanmu di dunia ini ada yang menciptakan, dan itu semua bukan hanya diciptakan begitu saja, Allah itulah pencipta kita dan alam semesta. Penciptaan itu bukanlah tanpa maksud apapun, tugas mulia telah di serahkan kepada manusia yaitu sebagai bentuk kasih sayangNya kepada kita. Menyembah Allah adalah tugas mulia itu. Implementasi dari itu semua adalah diberikannya julukan sebagai kholifatullah fil ardh yang bertugas menjaga dan melestarikan bumi ini. Dengan berlandaskan keimanan yang kokoh maka tugas tersebut dapat di emban dengan baik sehingga tidak tercampur oleh berbagai kepentingan syetan.,.

Hidup membutuhkan keyakinan, tanpa keyakinan hidup akan mengalami gonjangan yang dapat membuat hidup menjad hancur dan tidak menentu arah tujuanya. Dalam mencari keyakinanpun tidak boleh asal , keyakinan adalah hal pokok  maka harus dicari dengan sungguh-sungguh, jika tidak maka semua yang kita perbuat adalah hal yang  sia-sia karena semua bukanlah hal yang benar. Keimanan adalah hal yang diyakini oleh hati, diucapkan oleh lisan dan dipraktekkan dengan perbuatan. tanpa ketiga unsur ini maka keimann yang diyakini merupakan isapan jempol belaka, jadi keyakinan yang sebenarnya harus dipraktekkan, diyakini dan diucapkan. Jika malu untk mengucapkan apalagi malu ntuk melakukan maka keyakian yang ada di dalam hati ini tidak akan berpengaruh bagi diri kita.  Banyak sekali manusia yang hidup tanpa keyakinan atau pun meraka mempunyai keyakianan tapi yang diyakini merupakan hal yang salah,  maka tidak jarang kita melihat manusia yang tega menganiaya saudara, teman, demi kepuasannya atau kepentingannya sendiri. Manusia menghalalkan segala cara demi meraih kesuksesan dan apa yang diimpikan tanpa mempedulikan lingkungan disekitar mereka. Orang yang demikian itu merupakan orang yang merusak keindahan bumi dan mengotori dengan kotoran –kotorsan mereka. Tapi itu adalah sunnatullah yang harus terjadi, baik dan buruk merupakan hal yang harus ada dalam dunia ini, ada pahlawan maka harus ada penjahat, ada orang baik maka ada juga orang jahat, semua sudah diatur oleh tuhan, tidak mungkin rasanya bumi ini dipenuhi oleh orang-orang yang baik dan tidak ada satu penjahat pun yang hidup di dunia ini. Imposibble

Takdir merupakan bagian dari keyakinan itu, takdir merupakan ketetapan yang telah ditulis oleh Allah kepada kita semua, apa yang terjadi kepada kita merupakan hal yang telah ditetapkan oleh Allah, akan tetapi dibalik semua peristiwa yang diberikan kepada kita pasti ada hikmah duibelakangnya. Banyak sekali orang yang bingung dengan dirinya sendiri, mudah putus asa, takut gagal dan tidak mau melakukan perubahan dalam dirinya. Konsep takdir yang sesuai dengan fitrah manusia adalah konsep yang paling rasional. Allah telah menentukan jalan hidup kita sebelum kita melihat dunia ini. Semua kejadian telah diketahui Allah bahkan setiap daun yang jatuh, bulu yang beterbangan, debu yang kita hisap, semua sudah diketahui oleh Allah. Apa yang menimpa diri kita adalah kehendak Allah. Tapi ingat jangan lantas kita menyalahkan Allah gara-gara musibah atau kegagalan menimpa kita. Bahwa semua telah ditentukan Allah dengan sifat maha bijaksanaNya, dan kita juga diberi  kesempatan untuk berusaha, berbuat, berusaha dan menerima hasil. Dan usaha yang kita lakukan dapat melalui dua cara, doa dan usaha. Doa adalah usaha kita untuk meminta kepada Allah. Sedangkan usaha adalah perbuatan yang  dilakukan oleh diri kita untuk mencapai tujuan. Kebanyakan orang tidak pernah melakukan usaha yang maksimal, tidak sadar akan keberadaan mereka di dunia.  Mereka hanya bersenda gurau, bersenang-senang dan hal lain yang tidak bermanfaat. Ada juga orang yang hanya berusaha tanpa doa begitu sebaliknya. Usaha tanpa doa itu sombong, Doa tanpa usaha itu omong kosong.

Pertanyaanya adalah mengapa banyak juga orang yang sudah berusaha dan berdoa tetapi tidak mendapat hasil sesuai yang diinginkan?? apa yang salah?. Sebelum menjawab pertanyaan itu kita harus beriman bahwa Allah adalah maha bijaksana, maha tahu, maha adil. Dalam setiap kejadian pasti ada hikmah yang dapat diambil pelajaran dan setiap kebaikan yang dilakukan pasti akan mendapat ganti berupa nikmat Allah (pahala). Kadang kita tidak sabar dengan hasil atau balasan Allah atas kebaikan yang kita lakukan. Ketahuilah bahwa hidup di dunia hanya sebentar, sekali lagi sebentar dibandingkan dengan kahidupan akhirat. Jadi balasan yang diberikan Allah barangkali tidak diberikan di dunia tapi di akhirat yang mempunyai tingkat kelayakan hidup yang lebih tinggi dibanding di dunia. Dan Allah tidak pernah menjanjikan kepada manusia barang siapa yang mendapatkan sesuatu maka….. Sama sekali tidak, karena Allah lebih menginginkan proses dari sebuah pencapaian daripada hasilnya. Karena jika proses nya sudah baik, benar maka otomatis hasilnya akan baik, kalaupun tidak maka Allah mempunyai kehendak lain yang lebih baik bagi kita. Karena apapun yang telah ditentukan kepada kita(setelah berusaha dan doa) pasti merupakan sebuah kebaikan walaupun kita tidak menyenangi, tapi sekali lagi Allah maha tahu dan bijaksana maka sebagai makhluk ciptaan harus sadar bahwa yang mengerti diri kita sepenuhnya hanyalah Allah, bahkan sampai dalam hati kita yang tak terjamah oleh orang lain.

Oleh karena Allah pasti memberikan kebaikan kepada kita sebanding lurus dengan apa yang telah kita lakukan maka janganlah takut untuk bersusaha dan jangan pantang menyerah. Jadilah apa yang kamu suka dan bermanfaat bagi yang lain. Jangan putus asa karena rahmat Allah sangat luas dan tak terhingga. Kehidupan di dunia ini hanya sementara setelah itu kita mati. So, mau apalagi kalau tidak menghasilkan apapun di dunia ini. Jadilah yang terbaik, jangan menangisi hal-hal yang sepele. Berpikir, berbuat, berdoa. 29-7-2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s